KEBUN RAYA BANUA

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

RAGAM KEGIATAN MAGANG DI KEBUN RAYA BANUA

Kegiatan Kebun Raya Banua | 02 Januari 2017

Dalam rangka mendukung fungsi Kebun Raya Banua sebagai kawasan konservasi ex-situ yang juga dimanfaatkan sebagai kawasan penelitian dan pendidikan lingkungan, Kebun Raya Banua kerap mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak khususnya lembaga pendidikan. Salah satu bentuk kerjasama tersebut adalah berupa kesempatan magang yang diberikan kepada pelajar ataupun mahasiswa yang berminat untuk mengikuti dan memahami kegiatan perkebunrayaan yang menyangkut lima fungsi kebun raya, yaitu: Konservasi, Penelitian, Pendidikan, Jasa Lingkungan, dan Wisata.

Jangka waktu kegiatan magang beragam, mulai dari 1 hingga 3 bulan tergantung kebijakan dari instansi dan institusi tempat peserta magang berasal. Kebun Raya Banua menyediakan tempat dan pendamping selama peserta menjalani kegiatan magang di lapangan. Adapun ragam kegiatan magang yang dapat diikuti mulai dari:

  • Pemeliharaan tanaman

Usaha pemeliharaan tanaman di Kebun Raya Banua Kalimantan Selatan dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan, diantaranya berupa pemupukan, penyiangan gulma, perawatan bibit tanaman dan tanaman koleksi dengan pengendali hama (penaburan furadan dan penyemprotan pestisida), serta pemotongan rumput area lapangan terbuka dan zona koleksi.

  • Perbanyakan

Kegiatan penyemaian biji maupun perbanyakan tanaman hias dengan teknik cangkok, stek pucuk dan stek batang.

Keterangan: Jenis-jenis biji asal Kalimantan dan non Kalimantan yang disemai di Kebun Raya Banua

Repoting

Penggantian media tanam lama dengan yang baru, disesuaikan dengan daya tampung media tanam dengan ukuran tanaman.

Registrasi koleksi

Kegiatan pendataan tanaman dalam formulir-formulir registrasi, mencakup data penerimaan, siap tanam, tanaman koleksi baru, tanaman mati, berubah nama.

Keterangan: Bentuk registrasi bibit dan tanaman koleksi yang ada di Kebun Raya Banua

Pembuatan herbarium

Herbarium merupakan bagian tumbuhan yang diawetkan baik secara kering maupun basah yang disimpan untuk waktu yang cukup lama. Digunakan untuk keperluan identifikasi morfologi tanaman koleksi kebun.

Keterangan: Contoh pembuatan herbarium basah dan kering di Kebun Raya Banua

  • Inspeksi kebun

Kegiatan pengecekan koleksi yang telah tertanam di lapangan dengan bahan pengecekan meliputi: Hidup atau matinya koleksi tanaman; Kelengkapan atribut tanaman koleksi (label tanaman, papan identifikasi jenis, plat seng nomor kebun); Kesesuaian letak tanaman koleksi pada peta kebun; Jadwal perbuahan dan perbungaan; Perubahan nama koleksi tanaman.

Keterangan: Kegiatan pengarahan saat sebelum Inspeksi kebun (kiri), pembuatan seng nomor kebun untuk tanaman koleksi (kanan)

  • Pemetaan

Pembuatan peta zona koleksi tanaman di lapangan yang sekaligus memuat peta pohon koleksi di tiap zona koleksi di Kebun Raya Banua.

Keterangan: Penandaan titik pohon koleksi dengan menggunakan GPS (kiri), Hasil peta kebun beserta peta pohon koleksi Kebun Raya Banua (kanan).

Berikut di atas merupakan kegiatan perkebunrayaan yang dapat diikuti oleh peserta magang di Kebun Raya Banua. Pada kegiatan magang lainnya, adapula beberapa peserta yang telah mempersiapkan topik kerja praktik tersendiri berdasarkan jenis koleksi yang ada di kebun. Apapun bentuk kegiatannya, Kebun Raya Banua menerima dengan tangan terbuka bagi siapa saja yang ingin mengadakan kegiatan magang. Karena dengan adanya kegiatan ini, pemahaman tentang konsep perkebunrayaan dapat semakin tersebar kepada masyarakat luas yang dengan demikian akan tercipta masyarakat yang sadar dan cinta dengan lingkungan. Yuk mari, magang di Kebun Raya Banua! Salam konservasi… (Rie)


Kembali Ke Halaman Sebelumnya