KEBUN RAYA BANUA

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Plaza Utama, Icon Baru Kebun Raya Banua

Salah satu dari fungsi Kebun Raya Banua yaitu fungsi wisata. Kebun Raya Banua sebagai salah satu wahana tempat rekreasi di kota Banjarbaru merupakan salah satu tempat pilihan saat musim liburan tiba. Selama tahun 2017 Kebun Raya Banua terus berbenah diri untuk terus menjadi lebih baik dalam hal pemberian pelayanan bagi masyarakat. Labirin Banua dan Zona Tematik Aromatik merupakan beberapa tempat favorit pengunjung. Selain menawarkan taman serta pergola unik yang sangat ‘instagramable’, di tahun 2017 ini Kebun Raya Banua memiliki sebuat icon baru yang tidak kalah bagus untuk dikunjungi, yaitu Plaza Utama.

    

Plaza Utama Kebun Raya Banua terletak pada zona Penerimaan yang tidak jauh dari gerbang utama. Plaza utama merupakan salah satu bentuk dari bantuan yang diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam mendukung pembangunan Kebun Raya Daerah. Plaza Utama itu sendiri dibagi menjadi 2 zona, yaitu zona Air mancur dan Zona Taman Bunga. Pusat dari plaza utama itu sendiri menitik beratkan pada Tugu Batu Intan dengan konsep mengambil dari gagasan bongkahan batu intan yang masih asli, dimana dilihat dari latar belakang Kebun Raya Banua yang dahulunya merupakan bekas tambang intan yang cukup besar di daerah Banjarbaru. Masyarakat sekitar memanfaatkan potensi alam tersebut untuk mencari rejeki dari pendulangan intan tersebut, yang dikenal dengan Pendulangan Intan Cempaka Banjarbaru.

   

Adanya Plaza Utama ini diharapkan dapat menjadi tempat berkumpul pengunjung dengan dihiasi tanaman bunga dari koleksi Kebun Raya Banua dapat meningkatkan animo pengunjung ke Kebun Raya Banua. Salam Konservasi… (ame)


Kembali Ke Halaman Sebelumnya