KEBUN RAYA BANUA

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Kunjungan Kebun Raya Banua ke Kebun Raya Boyolali

Sebagai bagian dari kebun raya daerah, Kebun Raya Banua memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan upaya konservasi tumbuhan dan penelitian di Indonesia. Salah satu Kebun Raya yang memiliki komitmen penuh dalam pengembangan dan penyelamatan lingkungan,seperti program yang dicanangkan dan wujud dari visi misi bupatinya adalah Kebun Raya Indrokilo Boyolali. Olehe sebab itu Kebun Raya Banua berkesempatan untuk melakukan kunjungan kerja kesana untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan Kebun Raya Daerah dalam hal mengkonservasi tumbuhan pada tiap daerah di Indonesia dan strategi pengelolaan koleksi tumbuhan di setiap Kebun Raya Daerah seperti penguatan data base koleksi, pengembangan koleksi tumbuhan di setiap KRD dengan mengacu pada IUCN Red List dan Jenis Unggulan Lokal dan penentuan spesies prioritas untuk konservasi.

Kebun Raya Indrokilo berlokasi di Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali yang dapat ditempuh sekitar 5 menit dari pusat pemerintahan Kabupaten Boyolali. Kebun Raya Indrokilo Boyolali memiliki tema “Tumbuhan Hutan Hujan Dataran Rendah Jawa Bagian Timur” dengan luas 8,9 Ha yang sebelumnya merupakan tegalan milik kas desa. Pengelolaaan Kebun Raya Indrokilo berada dibawah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Boyolali. Pembangunan kebun raya Indrokilo hingga saat ini berasal dari APBD Kabupaten Boyolali, karena pembangunannya mendapat dukungan penuh dan menjadi prioritas oleh Bupati Boyolali.

Fasilitas  yang terdapat di Kebun Raya Boyolali antara lain Gerbang Utama, Taman Tematik Tumbuhan Paku-pakuan, Taman Labirin,Gedung Pengelola, Sepeda bagi pengunjung dan draft buku katalog Kebun Raya Indrokilo Boyolali.  Beberapa desain yang terdapat disana seperti Gedung pengelola dapat dijadikan sebagai acuan untuk dikembangkan di Kebun Raya Banua, atap yang berfungsi selain sebagai tempat berlindung juga didesain cukup menarik untuk dapat sekalian menampung air hujan.

Pengkayaan koleksi tumbuhan di Kebun Raya Indrokilo diperoleh melalui kegiatan eksplorasi dan perbanyakan tanaman. Sama seperti kebun raya daerah lainya. Pendataan dan registrasi telah dilakukan pada koleksi yang telah tertanam serta bibit dipersemaiaan. Tumbuhan yang ada di pembibitan berjumlah 492 jenis (2081 spesimen), sedangkan jumlah tumbuhan tertanam berjumlah 90 jenis (458 spesimen). Kegiatan pembangunan dan pengembangan Kebun Raya Indrokilo masih terus berjalan, dimana launching dicanangkan pada tahun 2019 (by Ame).

 


Kembali Ke Halaman Sebelumnya