KEBUN RAYA BANUA

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Kebun Raya Banua Menghadiri Launching Kebun Raya Sriwijaya

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya dalam Roadmap Pembangunan Kebun Raya Daerah, sekali lagi Kebun Raya yang ada di Indonesia melakukan launching. Kali ini Kebun Raya yang launching berada di Pulau sebelah Barat Indonesia tepatnya di Kebun Raya Sriwijaya di Provinsi Sumatera Selatan. Dan Kebun Raya Banua berkesempatan untuk mengikuti kegiatan  tersebut, yang dilaksanakan pada Jumat, tanggal 27 Juli 2018 dan dilaunching langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, Bapak Ir. H. Alex Noerdin,SH.

Seperti halnya Kebun Raya Daerah lain di Indonesia, Kebun Raya Sriwijaya juga memiliki tema khusus, yaitu Tumbuhan Obat dan Lahan Basah Sumatera, yang mendapatkan apresiasi dari dunia internasional. Kebun Raya Sriwijaya merupakan kebun raya yang memiliki lahan rawa seluas 100  ha yang berada di lahan komplek kawasan Agro Techno Park 2 (ATP 2), Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir. Kebun Raya Sriwijaya Sumatera Selatan ini di inisiasi dan dikelola oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumatera Selatan.

    

Pada kegiatan launching ini, kebun raya Banua sekali lagi berkesempatan untuk berhadir dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatannya. Beberapa kegiatan tersebut antara lain; penanaman secara simbolis tanaman buah-buahan, penebaran benih ikan, pameran inovasi, penandatanganan prasasti pernyataan launching Kebun Raya Sriwijaya, pemberian plakat dan piagam bagi yang telah berpartisipasi terhadap pembangunan Kebun Raya Sriwijaya baik pembangunan inprastruktur maupun penanaman. Kegiatan lauching ini dihadiri oleh Kepala Lembanga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Bapak Laksana Tri Handoko; Kepala PKT Kebun Raya – LIPI, Bapak Didik Widyatmoko. Pada kesempatan ini dalam sambutannya Kepala LIPI menjelaskan bahwa Kawasan Kebun Raya Sriwijaya ini dulunya merupakan kawasan huatn produksi yang kemuadian ditetapkan menjadi kawasan hutan dengan tujuan konservasi untuk menyelamatkan berbagai jenis tanaman berpotensi obat dan tumbuhan lahan basah, khususnya yang ada di  Sumatera. Selain itu Kepala PKT Kebun Raya- LIPI dalam sambutanya memaparkan bahwa hingga Juni 2018, koleksi tumbuhan yang berada di Pembibitan Kebun Raya Sriwijaya berjumlah  366 jenis (4.099 spesimen), dengan 11 jenis (288 spesimen) koleksi tertanam dan 61 jenis (290 spesimen) data base koleksi (by ame).


Kembali Ke Halaman Sebelumnya