KEBUN RAYA BANUA

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

DATASERING TAHAP I TAHUN 2017

Datasering merupakan kata yang berasal dari data dan sharing, yang artinya berbagi data. Pada kegiatan ini, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya (PKT-KR) mengirimkan dua sampai tiga orang perwakilannya untuk tinggal selama selama satu bulan di Kebun Raya Daerah. Selama berada di Kebun Raya Daerah, Tim Datasering yang umumnya merupakan pegawai berpengalaman di PKT-KR LIPI diharapkan dapat membagikan ilmu seputar perkebunrayaan sesuai bidang masing-masing. Tim datasering juga berfungsi sebagai tenaga bantuan tambahan bagi Kebun Raya Daerah dalam rangka mendukung percepatan proses pembangunan.

Kegiatan Datasering tahap I tahun 2017 di Kebun Raya Banua dilaksanakan pada tanggal 15 Maret hingga 14 April 2017. Tim yang terdiri atas Aji Suhaji (Staf Koleksi PKT-KR) dan Rodi (Staf Koleksi PKT-KR) telah melakukan beberapa kegiatan selama berada di KR Banua, diantaranya: Pembuatan taman area parkir, pemeliharaan koleksi, serta penanaman tanaman penghijau. Penanaman tanaman penghijau berlokasi di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Zona Penerimaan, beberapa jenis tanaman yang telah ditanam diantaranya seperti Shorea balangeran, Nephelium lapaceum, Mimusops elengi, Khaya anthotheca, Calophyllum inophyllum dan lain-lain dengan jumlah sebanyak 100 pohon.

Keterangan: Kegiatan pembuatan taman, Penanaman dan Pemeliharaan koleksi oleh tim Datasering Tahap I

Kegiatan datasering ini tidak hanya membantu percepatan proses pembangunan Kebun Raya Banua, tetapi juga menjadi salah satu sarana kegiatan untuk tetap menjalin tali silaturahim antar pegawai PKT-KR LIPI dengan pegawai Kebun Raya Banua. (Rie)


Kembali Ke Halaman Sebelumnya